Monday 30 June 2014

Perkaya Bahasa Batita Anda


Agar komunikasi dengan bayi Anda semakin lancar dan baik, ada baiknya Anda mencoba berbagai kiat yang akan memperkaya kosa kata dan perkembangan bahasa si kecil. Tentu saja, naluri Anda sebagai ibu boleh jadi sudah cukup besar tanpa perlu mempelajarinya, namun kiat ini diberikan untuk menambah keragaman usaha Anda.

Lihat dan bicarakan buku bergambar bersama-sama.
Pilihlah buku-buku yang merangsang dan mendorong si kecil untuk mengingat nama-nama dengan menunjuk gambar dan mengatakan, "Apa ini?" Asosiasikan tokoh dalam buku dengan karakter yang ada dalam kehidupan nyata. Sewaktu bunda menunjuk gambar pohon di buku, tunjuk juga pohon yang ada di halaman rumah.
\
Perluaslah kata-kata dan gerak isyarat menjadi sebuah ide.
Jika si kecil menunjuk burung sambil bertanya, jawablah, "Itu namanya burung." Tambahkan pula, "Burung terbang di langit." Bunda tak hanya menjawab pertanyaannya, tapi juga memberinya gagasan dan kata yang diasosiasikan. Beri nama sebanyak mungkin pada benda atau orang sambil menambahkan keterangan supaya ia semakin terbiasa mendengar dan mencoba memahami.

Lakukan permainan kata-kata dan menyanyikan lagu dengan menggunakan gaya.
Pelajaran bahasa jadi lebih menyenangkan dengan lagu dan gaya. Anak batita senang sekali melakukan permainan tentang bagian tubuhnya dan mempelajari dengan cepat apa arti jari kakinya setelah melakukan permainan yang berhubungan dengan jari kaki beberapa kali. Bisa juga Anda mengajarkan lagu-lagu seperti "Topi saya bundar" atau "Dua mata saya" dan sebagainya.

Bicarakan tindakan yang sedang Anda lakukan.
Pada bulan-bulan sebelumnya, bunda mungkin sedah memberitahukan kepada si kecil tentang langkah-langkah penggantian popok. Sekarang, mudah untuk merawat anak Anda secara mekanistis, seperti mengganti popok dan memandikannya, tanpa perlu melakukan banyak dialog. Tapi, teruskan obrolannya, "Sekarang kita angkat tangan Ade... sekarang kita basuh tangan AdeeĆ¢?" dan seterusnya.

Berbicara dengan bayi dalam kalimat tanya.
Anak Anda sepertinya menikmati nada dan intonasi suara ketika Anda atau orang di dekatnya mengajukan pertanyaan. Kalimat tanya menadakan bahwa Anda menerima tanggapan darinya, dan dia biasanya menjawabnya.

Beri pilihan kepada buah hati.
Contoh yang berkaitan dengan hal ini adalah, "Rafi, kamu mau apel atau jeruk?" Hal ini akan mendorongnya untuk menjawab dan merangsangnya untuk mengambil keputusan, selain mengingatkannya untuk membedakan dua buah benda.

Lakukan kontak mata dan sebut bayi Anda dengan namanya.
Tatapan secara intensif ke mata bayi yang selalu bertanya-tanya dapat mempertahankan perhatiannya. Kemampuan untuk merasa nyaman dalam melakukan kontak mata adalah latihan pengayaan bahasa yang akan menguntungkan si kecil seumur hidupnya. Juga, panggil selalu namanya sebagai salah satu pelajaran bahasa yang berhubungan dengan sosialisasi. Hal ini mengajarkan kepadanya untuk menggunakan nama ketika berbicara dengan orang lain.

Perbaiki ucapan si kecil dengan tenang.
 Tujuan utama dari bahasa anak bayi adalah untuk mengomunikasikan ide, bukan kata-kata. Sebagian besar omongan anak mungkin belum dapat ditangkap ketika ia berusia kurang dari dua tahun. Adalah penting bagi anak batita untuk berbicara dalam bahasa bayi dan bereksperimen dengan suaranya tanpa campur tangan pihak lain untuk menyempurnakannya. Bila Anda merasa bahwa buah hati Anda memiliki masalah dengan kata-kata tertentu, Anda harus berusaha untuk seringkali mengulangi suara itu, dan tingkatkan motivasi anak Anda untuk menirukannya.

No comments: