Monday 30 June 2014

Juice Merusak Gigi Bayi


Minuman buah yang dikemas dalam bentuk juice memang sangat menyehatkan bagi bayi, namun belum tentu bagi gigi sang bayi. Fakta ini setidaknya diungkap oleh Dr. Philip Stemmber, seorang ahli gigi dari "Teeth For Life". Menurut pantauan para ahli gigi, bahaya minuman juice bagi bayi tampaknya disebabkan oleh kombinasi gula dan buah yang bisa menyebabkan erosi pada gigi.

Selain ancaman kombinasi gula dan buah-buah dalam juice, para ahli gigi juga mengingatkan para orangtua akan bahaya minuman gula bersoda.

Jikapun harus mengijinkan anak mereka mengonsumsi juice, Dr. Philip Stemmer menyarankan agar orangtua membatasi jumlah minumannya hanya satu gelas juice sehari.

Erosi gigi bisa disebabkan oleh asam (hasil juice) yang menyebar di seluruh gigi. Dr. Stemmer menjelaskan bahwa jika eksplorasi ini berlangsung setiap hari, maka akan menjadi sebuah penurunan kekuatan gigi yang berdampak pada kemungkinan lainnya.

Para orangtua disarankan untuk melakukan konsultasi dengan dokter gigi untuk mengatasi kemungkinan terjadinya kerusakan gigi. Anjuran lainnya adalah menggosok gigi setidaknya 30 menit setelah mengonsumsi minuman jenis ini. Dengan menggosok gigi, maka bisa diminimalkan jumlah soda yang ada pada gigi.

Dr. Gordon Watkins yang menanggapi hasil penelitian tersebut mengaku sangat sulit bagi orangtua untuk memantau kondisi anak-anak mereka. Minuman yang aman adalah dengan mengonsumsi air putih dan susu.

Jika kemudian harus memutuskan untuk memberikan juice yang penuh dengan larutan gula, maka sebaiknya bisa dikurangi dengan memberikan tambahan air putih.

Konsumsi susu diketahui bisa menjadi pendorong pertumbuhan gigi dan tulang, sekaligus melindungi terjadinya osteoporosis. Mengonsumsi susu satu gelas sehari sudah cukup bagi anak-anak mendapatkan tambahan kalsium.

No comments: